Prodia StemCell Hadirkan ACT P-Lab untuk Penyimpanan Sel Punca

Uncategorized114 Dilihat

PT Prodia StemCell Indonesia ‘ProSTEM’, laboratorium penelitian, pengolahan, dan penyimpanan sel punca, meresmikan gedung baru Advanced Cell Therapy Production Laboratory (ACT-PLab) pada tahap pertama pembangunan, yang berlokasi di kawasan Senen, Jakarta Pusat.

“ACT-PLab merupakan laboratorium untuk proses pengolahan sel punca, sel dan turuannya yang dibangun di Pusat Kota Jakarta pada lahan seluas 2.100 meter persegi untuk memenuhi permintaan pelanggan terkait sel punca dan sekretom yang terus meningkat setiap tahunnya,” ujar Dr. Cynthia Retna Sartika, M.Si, Direktur ProSTEM dalam siaran pers di Jakarta (13/12/2023).

Menurutnya, keberadaan Advanced Cell Therapy Production Laboratory (ACT-PLab) ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam reformasi kesehatan terutama dibidang teknologi pengobatan regeneratif untuk pasien dengan berbagai kondisi medis, seperti penyakit degeneratif seperti jantung, diabetes, stroke, osteoatritis dan gangguan lainnya.

Cynthia mengungkapkan, terapi sel yang dilakukan melibatkan penggunaan sel-sel hidup untuk mengatasi sel-sel yang rusak atau gangguan dalam tubuh manusia. Hal ini diharapkan selain membangun kemandirian Indonesia dibidang pengobatan juga dapat meningkatkan harapan hidup manusia.

ACT-PLab yang telah berstandar cGMP (current Good Manufacturing Practices) ini dapat memenuhi permintaan sel dan turunannya dengan kapasitas hampir 1000 kali lebih besar dari fasilitas yang sudah ada. Tak hanya itu, laboratorium pengembangan dan pengolahan menggunakan teknologi rekayasa juga akan dikembangkan sebagai komitmen ProSTEM untuk menjadi the center of excellence di bidang terapi regeneratif.

ProSTEM merupakan sister company dari PT Prodia Widyahusada Tbk yang didirikan pada 11 Desember 2013 oleh Andi Widjaja beserta beberapa pendiri lainnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co id



Quoted From Many Source

Baca Juga  LKKP Catat Realisasi PDN Capai 90% Dalam Pengadaan 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *