Motor Listrik Jadi Alternatif Atasi Polusi Udara

Uncategorized178 Dilihat

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia. Pasalnya, motor listrik ramah lingkungan yang mampu mengurai emisi karbon motor konvensional dinilai ampuh mengurangi polusi udara yang kian mengkhawatirkan. 

”Edukasi kepada masyarakat serta program-program penunjang seperti subsidi Rp7 juta terus digencarkan untuk mengajak masyarakat beralih ke kendaraan listrik, mengingat polusi udara yang mengkhawatirkan belakangan ini,” kata dia.

Menhub menjelaskan, pemerintah terus menggenjot ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Harapannya, Indonesia bisa menjadi pusat pengembangan kendaraan listrik dunia dan bisa mengekspor motor listrik di tahun 2030. 

Tidak lagi sekedar produsen tapi harapannya tahun 2030 bisa mengekspor motor listrik ke luar negeri. “Motor listrik ini produk yang sangat ramah lingkungan, bersih dan tanpa asap. Jika penggunaannya sudah masif di jalan raya dan bisa menggantikan motor BBM, otomatis kondisi udara akan semakin baik. Nah, untuk sampai kesitu, diperlukan dukungan dan komitmen besar secara bersama, baik pemerintah maupun masyarakat umum,” kata Direktur PT Terang Dunia Internusa Andrew Mulyadi.

Sebagai tambahan, United E-Motor merupakan produk lokal Indonesia yang telah mengaspal sejak akhir tahun 2020. Hingga kini, sudah 4 (empat) tipe United E-Motor yang dirilis yakni TX3000, TX1800, T1800 dan MX1200.

Keempat tipe motor listrik tersebut memiliki TKDN diatas 50% dan sudah mendapatkan bantuan pemerintah sebesar 7 juta. Produk United E-Motor kini sudah bisa didapatkan di lebih dari 40 outlet resmi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Baca Juga  DOOH Gandeng WisdomCrowd Tembus Pasar Digital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *