Kemenhub Buka Kembali Terminal KCN di Pelabuhan Marunda

Uncategorized145 Dilihat

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka kegiatan bongkar muat pada Terminal Umum PT Karya Citra Nusantara (KCN) di Pelabuhan Marunda pada Senin (23/10/2023), setelah dilakukan penutupan Terminal KCN di Pelabuhan Marunda sejak 30 Juni 2022.

Pembukaan kembali Terminal KCN termaktub di dalam Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup (DELH) sesuai Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK.970/MENLHK/SETJEN/PLA.4/8/2023 tanggal 28 Agustus 2023.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi mengatakan, pembukaan kembali Terminal KCN didasari atas tingginya kebutuhan pelayanan dalam menjamin kelancaran arus kapal dan barang untuk kegiatan bongkar muat. “Pengoperasian kembali Terminal KCN harus menaati peraturan yang berlaku di bidang kepelabuhanan, angkutan di perairan, keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim dan aturan lain yang berlaku,” ujar Capt. Antoni.

Selain itu, pelayanan terhadap kapal dan barang dilaksanakan dengan memperhatikan aspek kelayakan teknis, keselamatan dan keamanan pelayaran serta sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan kapal dan barang yang telah ditetapkan. “Kami juga telah menginstruksikan kepada Kepala Kantor KSOP Kelas II Marunda untuk melakukan pengawasan terhadap kegiatan bongkar muat di Terminal Umum PT KCN dan melaporkannya secara berkala,” ujarnya.

Dalam acara Focus Group Discussion bertema ‘Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup di Terminal Umum Karya Citra Nusantara Pelabuhan Marunda’ yang digelar di Terminal KCN di Pelabuhan Marunda, Jakarta Utara Direktur Utama KCN Widodo Setiadi menyampaikan pihaknya berkomitmen untuk memperkuat sinergi dengan pemerintah dalam pengimplementasian pengelolaan lingkungan hidup. “Sebenarnya komitmen KCN terhadap pelestarian lingkungan hidup cukup nyata, salah satunya penanaman mangrove. Tapi, ke depannya kami siap untuk meningkatkan pengimplementasian ini, contohnya dengan merekrut tenaga HSE,” ujar Widodo.

Baca Juga  Apindo Proyeksikan Ekonomi RI pada 2024 Tumbuh 4,8 - 5,20%

Lebih lanjut, sebagai upaya korporasi untuk menjaga kelestarian lingkungan, dirinya menegaskan KCN pun siap untuk untuk mengoperasikan pelabuhan berdasarkan strategi pertumbuhan Green Economic (Ekonomi Hijau). “Ini sesuai konsep bisnis KCN dimana lingkungan hidup yang lestari dapat diwujudkan di areal pelabuhan karena KCN memiliki supporting area seluas sekitar 100 hektar untuk itu,” tutur Widodo. Adapun pada FGD tersebut dilakukan juga penyerahan Surat Pengoperasian Kembali Terminal Umum BUP KCN dari Kepala Kantor KSOP Marunda kepada Direktur Utama KCN.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *