Indocement Akuisisi 100% Saham Semen Grobogan

Uncategorized172 Dilihat

PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk bersama anak usahanya PT Dian Abadi Perkasa (DAP) mengambil alih seluruh saham di PT Semen Grobogan. Semen Grobogan merupakan pabrik semen yang berlokasi di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah yang memiliki kapasitas produksi sebesar 1,8 juta ton clinker dan 2,5 juta ton semen per tahun.

Semen Grobogan sendiri memiliki persediaan bahan baku untuk 50 tahun ke depan. Semen Grobogan memulai produksi komersial pada Januari 2022. 

Transaksi jual beli saham akan berlaku efektif saat seluruh pihak memenuhi syarat dan kondisi yang ditentukan dalam perjanjian tersebut, diharapkan pada 1 Desember 2023. Para pihak telah sepakat untuk tidak mempublikasikan nilai transaksi penjualan saham. 

Direktur Utama Indocement Christian Kartawijaya menyatakan bahwa pembelian 100% saham pada PT Semen Grobogan, akan memperkuat posisi Indocement khususnya di pasar Jawa Tengah. Akuisisi tersebut juga diharapkan meningkatkan efisiensi biaya logistik, mengingat lokasi Pabrik Semen Grobogan yang strategis. 

“Kami optimis untuk menyambut banyak proyek strategis nasional (PSN) yang akan dikembangkan di daerah Jawa Tengah. Beberapa PSN di Jateng antara lain jalan tol Solo–Yogyakarta, Yogyakarta–Bawen, dan Semarang–Demak serta Kawasan Industri Batang dan Daerah Ekonomi Khusus Kendal,” katanya.

Sementara itu Sekretaris Perusahaan Indocement Dani Handajani mengungkapkan jumlah saham yang diakuisisi oleh Indocement sebanyak 345.860 lembar saham atau 100%. Nilai kontrak rencana pengambilalihan seluruh saham  SGB tersebut adalah kurang dari 20% dari ekuitas perseroan.

“Dalam hal pengambilalihan telah selesai dilaksanakan oleh perseroan dan DAP dengan tunduk dan disepakati oleh para pihak. Diharapkan hal tersebut dapat memperkuat posisi perseroan dalam industri semen, khususnya di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya,” kata Dani dalam keterbukaan informasi, dikutip Rabu (10/18/2023).

Baca Juga  Xiaomi Buka Toko Flagship Pertama di PIK 2

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *