Blu Luncurkan Kartu Debit, Apa Saja Benefitnya?

Uncategorized160 Dilihat
BluDebit Card menjadi kartu fisik pertama dari bank digital yang didesain dan diproduksi dari daur ulang sampah plastik. (Vina/SWA)

Kartu debit dalam bentuk fisik masih menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia untuk bertransaksi. Data dari Bank Indonesia menunjukkan bahwa volume transaksi yang dilakukan menggunakan kartu debit dan ATM pada 2022 mencapai 7,55 miliar kali, di mana jumlah ini meningkat dari yang sebelumnya mencapai 7,24 miliar kali pada tahun sebelumnya. Dari segi nilai transaksi, jumlahnya juga meningkat, yakni dari Rp7.241 triliun di tahun 2021, menjadi Rp7.921 triliun di tahun 2022.

Memahami hal itu, Blu by BCA Digital meluncurkan BluDebit Card atau kartu fisik yang dapat menjadi pilihan metode transaksi terbaru bagi nasabahnya. Direktur Utama BCA Digital Lanny Budiati mengatakan bahwa peluncuran ini merupakan upaya perusahaan untuk memenuhi permintaan nasabah yang menginginkan adanya kartu fisik untuk transaksi keuangan sehari-hari.

“Awalnya kami pikir milenial itu cukup dengan virtual card, tetapi ternyata mereka juga membutuhkan kartu fisik untuk transaksi offline. Bahkan di media sosial kami juga banyak yang menanyakan, kini kita sudah bisa menikmati BluDebit Card dengan beragam fitur unggulannya,” ujar Lanny saat grand launching BluDebit Card di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Tidak seperti kebanyakan kartu debit pada umumnya, BluDebit Card hadir dengan desain yang sederhana tapi tetap menarik. Bagian depan dibuat polos, sedangkan informasi nomor kartu dan nama pemilik tercantum di bagian belakang kartu. Adapun informasi terkait tanggal masa berlaku dan nomor CVC hanya dapat diakses oleh nasabah melalui aplikasi.

Jika BluDebit Card hilang atau terdeteksi fraud, nasabah hanya perlu melakukan pemblokiran melalui aplikasi blu agar kartu tidak disalahgunakan oleh orang yang menemukan. “In case kartunya jatuh dan ditemukan oleh orang lain, maka tidak bisa digunakan transaksi karena tidak ada informasi CVC dan expire date-nya. Hanya nasabah yang bisa melihat di aplikasi sehingga jauh lebih aman,” tambah Lanny.

Baca Juga  Inovasi Uniland Sleep untuk Tingkatkan Kualitas Tidur

Menariknya, kartu ini disebut menjadi kartu fisik pertama dari bank digital yang didesain dan diproduksi dari daur ulang sampah plastik. Pemilihan bahan ini sesuai dengan komitmen blu dalam menjaga dan melestarikan lingkungan yang sudah konsisten digaungkan lewat berbagai inisiatif keberlanjutan #BluBuatBaik.

Di sisi lain, nasabah dapat mengatur limit kartu di jumlah tertentu dan akan mendapatkan notifikasi jika transaksi sudah melebihi limit tersebut. Kartu debit ini juga dapat digunakan di seluruh EDC dan ATM yang terkoneksi dengan Alto/Prima untuk pemakaian di dalam negeri.

Dengan dukungan Mastercard, kartu ini memberikan nasabah akses ke jaringan penerimaan global Mastercard yang mencakup lebih dari 90 juta merchant di seluruh dunia. bluDebit Card juga menerapkan sistem contactless untuk kemudahan dalam berbelanja ataupun melakukan pembayaran di luar negeri, di mana nasabah hanya perlu mendekatkan kartu ke mesin EDC/POS agar transaksi berjalan cepat, aman dan nyaman.

Untuk mendapatkan kartu debit ini, nasabah dapat melakukan pengajuan pembuatan kartu melalui aplikasi blu. Nasabah bisa memilih menu ‘Kartu’ dan mengikuti ketentuan yang berlaku, seperti mengisi nama dan alamat pengiriman.

“Pengirimannya gratis dengan catatan apabila nasabah memiliki saldo minimal Rp500 ribu, atau nasabah yang sudah menjadi aktif user minimal satu kali transaksi finansial selama dua bulan berturut-turut. Di luar itu ada biaya tambahan sebesar Rp50 ribu,” jelas Rainer Sutedja, Head of Card and Personal Loan Business BCA Digital.

Dalam rangka memeriahkan hadirnya BluDebit Card yang sudah lama ditunggu-tunggu, Blu juga menyiapkan berbagai macam promo menarik yang bisa dinikmati saat bertransaksi menggunakan bluDebit Card. Di antaranya cashback 50% (maksimal Rp25 ribu) di outlet Kopi Kenangan dan Chigo pembelian Rp50 ribu, cashback Rp10 ribu dan 300 Tizo di Timezone pembelian Rp200 ribu, hingga cashback 25% (maksimal Rp5 ribu) di seluruh merchant nasional hingga 31 Desember 2023.

Baca Juga  Kenapa Video Vertikal YouTube Lebih Menguntungkan Bisnis?

“Selain mengakuisisi nasabah baru, kami ingin memastikan nasabah blu aktif bertransaksi sehingga mereka juga bisa merasakan experience-nya (kemudahan dan keuntungan bertransaksi dengan BluDebit Card),” tutur Rainer.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *