Bandara I Gusti Ngurah Rai Tambah Dua Rute Domestik

Uncategorized143 Dilihat
Bandara International I Gusti Ngurah Rai Denpasar-Bali

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali kembali mendapatkan tambahan dua rute domestik,  membuka konektivitas perdana ke Sorong, Papua yang dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia serta Banjarmasin, Kalimantan dengan Lion Air sebagai operator pengangkutnya, mulai Jumat, 24 November 2023. Hingga akhir tahun, diperkirakan masih akan ada rute baru tambahan lainnyaj,  penerbangan Air Asia menuju Kupang. 

General Manager Bandara Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan ,menjelaskan, rute yang dilayani oleh Garuda adalah rute baru. Sementara rute Banjarmasin oleh Lion Air adalah re-aktiviasi dari rute yang telah ada sebelum masa pandemi. “Dengan hadirnya rute Banjarmasin dan Sorong, Bali akan  semakin terkoneksi dan semakin memudahkan pengguna jasa yang akan bepergian menuju Bali maupun sebaliknya”.

Penerbangan pertama rute Denpasar-Sorong dengan nomor penerbangan GA868 menggunakan pesawat Boeing 737-800NG berkapasitas 162 seat, dilakukan pada Jumat (24/11) pukul 02.15 WITA. Pada penerbangan tersebut terdapat sejumlah 109 penumpang atau terpenuhi sebanyak 67 persen load factor. Sementara pendaratan perdana rute sebaliknya Sorong-Denpasar berlangsung pada pukul 08.00 WITA dengan nomor penerbangan GA621 (transit via Makassar) mengangkut 157 penumpang. Garuda Indonesia akan mengoperasikan rute tersebut dengan frekuensi tiga kali seminggu pada Hari Kamis, Jumat, dan Minggu.

Sementara itu, pendaratan perdana Lion Air rute Banjarmasin  – Denpasar dengan nomor penerbangan JT845 tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada pukul 12.00 WITA membawa 189 orang penumpang. Selanjutnya, pada pukul 14.00 WITA penerbangan perdana rute Denpasar – Banjarmasin dengan nomor penerbangan JT844 mengangkut 107 orang penumpang. Lion Air akan mengoperasikan rute ini dengan jadwal empat kali seminggu pada Hari Senin, Selasa, Rabu, dan Jumat.

Baca Juga  IPO 9 Perusahaan di Bursa Menjaring Dana Rp 1,54 Triliun

Saat ini, Bandara I Gusti Ngurah Rai melayani rata-rata 60.000 hingga 65.000 penumpang per hari , dengan total rute domestik sebanyak 19 rute yang dilayani 11 maskapai dan 35 rute internasional dengan 36 maskapai. “Artinya dari penambahan rute Garuda Indonesia maupun Lion Air akan menjadi pemicu tambahan angka positif jumlah total penumpang hingga akhir tahun nanti,” tambah Handy. 

Di masa pemulihan sektor aviasi, Handy akan senantiasa mendukung operasional setiap maskapai yang akan membuka penerbangan perdana dan terus mengajak  maskapai untuk berkolaborasi guna membuka peluang kerjasama dan pembukaan rute-rute strategis di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali. “Kami siap memberikan support khususnya untuk kelancaran operasionalnya,” ujar Handy.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *