Negara ASEAN Harus Percepat Resolusi

Berita271 Dilihat

Senin, 7 Agustus 2023 – 20:46 WIB

Jakarta – Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas menghadiri pembukaan Sidang Umum (ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) ke-44 di Fairmont Hotel, Jakarta, Senin, 7 Agustus 2023. Ada beberapa isu yang jadi sorotan Ibas.

Baca Juga :

Anggota DPR Apresiasi Polri Tidak Gunakan Pembayaran Cash dalam Uji SIM

Ibas mengajak seluruh Anggota Parlemen ASEAN bisa bersama perjuangkan sikap saling memahami. Selain itu, ia menyampaikan pentingnya kerja sama dan hubungan yang dekat antara anggota parlemen negara-negara ASEAN.

“Melalui kerja sama yang erat, baik dalam bentuk government-to-government maupun people-to-people ini, tentunya kita akan mampu merespons berbagai permasalahan dan tantangan di tingkat regional ASEAN maupun di tingkat global dengan baik,” kata Ibas.

Baca Juga :

Fadli Zon Suarakan Dukungan Indonesia untuk Pembentukan Forum Parlemen Strategis BIMP-EAGA

Menurut dia, ada empat isu prioritas utama yang perlu diselesaikan dalam Sidang Umum ke-44 AIPA. Pertama, kata dia, mesti ada meningkatkan upaya, membuka diskusi dan merumuskan persetujuan untuk mempertahankan stabilitas, keamanan dan perdamaian di tingkat regional ASEAN.

Presiden Jokowi dan Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas di Sidang Umum AIPA

Presiden Jokowi dan Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas di Sidang Umum AIPA

Baca Juga :

Kerja Sama Ekonomi ASEAN Diperkuat untuk Pertumbuhan, Stabilitas, dan Kemakmuran

Pun, menurut dia, isu kedua yaitu menyangkut percepatan transisi ekonomi hijau yang tumbuh pesat. Hal itu menurutnya perlu disertai dengan menjaga jejak karbon (carbon footprint) yang rendah.

Lalu, Ibas menyebut isu ketiga yakni pentingnya penguatan keterlibatan kawula muda dalam mendorong pembangunan yang inklusif. Selain itu, kata dia, percepat transformasi ekonomi dan meningkatkan partisipasi demokratis.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *