Mahfud MD Blak-blakan Sebut Politik Uang Banyak Libatkan Oknum Pejabat Desa hingga KPU

Berita269 Dilihat

Selasa, 8 Agustus 2023 – 13:33 WIB

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menilai politik uang merupakan penyakit yang kerap terjadi dalam penyelenggaraan pemilu. Politik uang itu terjadi secara terstruktur, sistematis, dan masif, bahkan, dalam praktiknya melibatkan oknum aparatur pemerintah.

Baca Juga :

Keamanan Siber di Indonesia Masih Rendah, Penerapan Sanksi Hukum Jadi Sorotan

“Beberapa penyakit dalam pemilu yang harus kita antisipasi. Pertama, kemungkinan atau sering terjadinya politik uang, yaitu upaya memenangkan pemilu melalui pembelian dukungan. Banyak: ada yang borongan, melalui pejabat di desa, kecamatan, melalui KPU. Banyak [politik uang] di KPU meskipun sudah independen,” kata Mahfud dalam pembukaan acara Forum Diskusi Sentra Gakkumdu, Jakarta, Selasa, 8 Agustus 2023.

Dugaan politik uang yang terjadi hingga dilakukan oleh oknum pejabat KPU sebab cakupan aparat KPU tersebut sangat luas. Lembaga KPU tidak hanya di Jakarta tetapi sampai daerah, bahkan ada petugas hingga tingkat terbawah di tempat pemungutan suara (TPS). “Politik uang sering dibeli lewat mereka yang sering disebut serangan fajar.”

Baca Juga :

Satgassus Polri: Seharusnya KPK Mudah Tangkap Harun Masiku

Mahfud menekankan, dalam mencegah dan menindak kecurangan saat pesta demokrasi, maka perlu dibentuk intrumen penegak hukum dalam penanganan perkara tindak pidana guna mendukung kerja Sentra Gakkumdu, baik secara formil maupun materiil.

Baca Juga :

Belum Final Dukung Prabowo, PSI: Seperti Arahan Jokowi, Kami Tak Akan Kesusu

Ilustrasi logo parpol peserta Pemilu 2024.

Ilustrasi logo parpol peserta Pemilu 2024.

“Mengapa Gakkumdu dan instrumen hukum yang lain diperlukan dalam pelaksanaan pemilu? Karena demokrasi itu harus dikawal oleh nomokrasi. Demokrasi adalah proses mencari menang, nomokrasi adalah proses mencari benar. Demokrasi itu, menang-menangan. Nomokrasi itu penegakan kebenaran atas yang menang,” katanya.

Menko Polhukam Mahfud MD saat rapat dengan Komisi III DPR



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *