Kebakaran Hutan Kanada Meluas, 20.000 Warga Yellowknife Dievakuasi

Berita244 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Pemadam kebakaran hutan Kanada pada Kamis, 17 Agustus 2023, berjuang untuk mencegah kebakaran hutan mencapai kota Yellowknife di utara, tempat semua 20.000 penduduk pergi dengan mobil dan pesawat setelah perintah evakuasi diumumkan.

Pengebom air terbang rendah di atas Yellowknife saat asap tebal menyelimuti ibu kota wilayah Barat Laut yang luas dan berpenduduk jarang. Para pejabat mengatakan api, yang bergerak lambat, kini berada 15 km barat laut kota dan dapat mencapai pinggiran kota pada Sabtu jika tidak ada hujan.

“Hari-hari yang sangat sulit ke depan – dengan dua hari angin barat laut ke barat-barat laut pada hari Jumat dan Sabtu, yang akan mendorong tembakan ke arah Yellowknife,” kata dinas pemadam kebakaran teritorial dalam sebuah pernyataan di Facebook.

Di provinsi Pasifik British Columbia, yang mengalami kebakaran hebat yang tidak biasa tahun ini, para pejabat memperingatkan warga untuk bersiap menghadapi kondisi kebakaran ekstrem.

“Peristiwa cuaca ini berpotensi menjadi yang paling menantang selama 24 hingga 48 jam di musim panas dari sudut pandang kebakaran,” kata direktur dinas pemadam kebakaran Cliff Chapman kepada wartawan. “Kami mengharapkan pertumbuhan yang signifikan dan sumber daya kami ditantang dari utara ke selatan.”

Di Yellowknife, ratusan orang berbaris di luar sekolah menengah setempat menunggu untuk dibawa ke bandara untuk salah satu dari lima penerbangan evakuasi yang direncanakan Kamis ke provinsi tetangga Alberta.

Perdana Menteri Justin Trudeau mengadakan pertemuan Kelompok Tanggap Insiden untuk membahas kebakaran tersebut pada Kamis. Kelompok tersebut terdiri dari pejabat senior dan menteri, dan bertemu jika terjadi krisis.

Menteri Pertahanan Bill Blair, berbicara kepada Canadian Broadcasting Corp (CBC) setelah pertemuan tersebut, mengatakan bahwa pemerintah federal memantau evakuasi dengan cermat dan bersiap untuk segera mengangkut penduduk jika jalur darat terputus.

Baca Juga  ESDM Ministry Targets Masela Block to Operate in December 2029

Ini adalah musim kebakaran terburuk di Kanada dengan lebih dari 1.000 kebakaran aktif terjadi di seluruh negeri, termasuk 265 di Wilayah Barat Laut. Para ahli mengatakan perubahan iklim telah memperburuk masalah kebakaran hutan.

Kekeringan telah menjadi faktor penyebab jumlah dan intensitas kebakaran tahun ini, kata para pejabat, dengan suhu tinggi memperburuk situasi. Sebagian besar Kanada telah mengalami kondisi kering yang tidak normal.

Shane Thompson, menteri lingkungan teritorial, mengatakan perintah evakuasi telah dikeluarkan Rabu malam untuk memberi orang waktu untuk keluar sebelum cuaca berubah menjadi buruk.

“Urgensinya adalah, api berubah drastis … kondisinya menguntungkan kami saat ini, tapi itu akan berubah pada hari Sabtu,” katanya kepada CBC.

Secara total, sekitar 65% dari populasi Territories yang berjumlah 46.000 orang akan dievakuasi, katanya.

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *