Jerman Perketat Investasi Asing, untuk Kurangi Ketergantungan pada Cina?

Berita211 Dilihat

Losergeek.org.CO, JakartaJerman memperketat proses peninjauan investasi asing dengan undang-undang baru yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan ekonomi, menurut dokumen Kementerian Ekonomi yang dilihat oleh Reuters pada Minggu, 20 Agustus 2023.

Upaya tersebut dilakukan saat Berlin mendesak perusahaan untuk mengurangi ketergantungan mereka pada Cina dan saat pemerintah memeriksa apakah peraturannya saat ini cukup untuk mendorong hal ini.

Ini juga mencerminkan dorongan yang lebih luas di Barat untuk mengurangi ketergantungan strategis pada Cina – yang oleh para pembuat kebijakan disebut “mengurangi risiko” – di tengah kekhawatiran tentang meningkatnya ekspansi Cina di kawasan Indo-Pasifik dan tentang kemungkinan gangguan rantai pasokan yang lebih luas.

Jerman terkadang dipandang sebagai mata rantai yang lemah dalam pendekatan Barat ke Cina, mengingat ikatan bisnis yang kuat dengan mitra dagang terbesarnya. Upaya Cosco Cina misalnya untuk membeli saham terminal barang di Hamburg, pelabuhan terbesar di negara itu, akhirnya disetujui oleh Berlin.

“Ulasan investasi telah menjadi sangat penting di Jerman, Eropa dan internasional dalam beberapa tahun terakhir,” kata dokumen itu.

Iklan

Sebagai bagian dari undang-undang yang sedang dipertimbangkan, investasi akan diaudit di mana investor memperoleh akses ke barang atau teknologi perusahaan domestik melalui perjanjian kontraktual, bukan melalui akuisisi saham berhak suara – yang sudah tunduk pada kontrol regulasi yang memadai.

Selain itu, kementerian juga mempertimbangkan untuk memeriksa signifikansi keamanan pabrik-pabrik baru yang dibangun di Jerman oleh perusahaan asing, serta apakah kesepakatan kerjasama penelitian yang kritis terhadap keamanan perlu dilakukan.

REUTERS

Pilihan Editor Survei: Survei: Mayoritas Warga Thailand Tolak Wacana Koalisi Pheu Thai dan Militer



Quoted From Many Source

Baca Juga  harga sewa bus di kota Bogor kreatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *