5 Makanan Khas Nusantara untuk Merayakan HUT RI

Berita233 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Selain untuk mengenang jasa-jasa pahlawan perjuangan kemerdekaan bangsa, hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesi atay HUT RI juga menjadi kesempatan untuk merayakan beragam budaya dan makanan khas Indonesia. Jadi, dalam perayaan HUT RI biasanya diadakan syukuran dengan menyajikan berbagai macam makanan khas dari Indonesia. 

Berikut 7 makanan khas Indonesia yang sering menjadi bagian dalam momen perayaan HUT RI. 

1. Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng adalah salah satu hidangan Nusantara yang biasanya disajikan dalam berbagai macam perayaan, jarang untuk dimakan sehari-hari. Hidangan ini berbahan dasar beras yang diolah menjadi nasi kuning atau putih dan dibentuk kerucut atau bertingkat. 

Selain nasi, hidangan ini juga berisi berbagai lauk, antara lain sambal goreng kentang, tempe kering, perkedel, ayam goreng, atau lauk khas Nusantara lainnya. Dalam perayaan HUT RI, nasi tumpeng juga sering dijadikan perlombaan kelompok. 

2. Klepon Merah Putih

Klepon cukup populer di antara berbagai kue tradisional. Makanan ini berbahan dasar tepung ketan dengan isian gula merah dan ditaburi parutan kelapa. Umumnya klepon berwarna hijau yang didapatkan dari pewarna alami yang terkandung dalam daun suji.

Khusus dalam perayaan HUT RI, klepon biasanya disajikan dalam warna merah putih yang melambangkan bendera Indonesia.

3. Bubur Merah Putih

Iklan

Bubur merah putih atau yang biasa disebut jenang sekula adalah makanan tradisional dari Jawa. Makanan ini berbahan dasar beras atau nasi, bubur ini sering dihidangkan dalam perayaan ulang tahun kemerdekaan RI karena melambangkan kemakmuran dan kesuburan. Warna aslinya adalah merah dan cokelat. Warna cokelat tersebut diperoleh dari campuran gula merah Jawa. Bubur ini biasanya disajikan dengan warna merah putih saat perayaan HUT RI.

Baca Juga  Hasil Voli AVC Championship 2023: Timnas Bola Voli Putra Indonesia Kalahkan Kazakhstan, Skor 3-1

4. Telok Pindang atau Telur Pindang

Telok pindang atau telur pindang adalah makanan khas yang berasal dari Palembang. Biasanya makanan ini hadir di hari peringatan ulang tahun kemerdekaan. Cara membuat makanan ini cukup mudah. Bahan dasarnya telur yang direbus bersama dengan bumbu seperti daun salam, daun jambu biji, dan bawang merah.

5. Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom adalah makanan khas Sunda yang sering dihidangkan dalam berbagai macam perayaan, salah satunya untuk menyambut HUT RI. Makanan ini terbuat dari campuran nasi putih dan oncom denga diberi bumbu seperti bawang putih, kencur, dan cabai. Biasanya makanan tutug oncom disajikan bersama dengan ayam goreng. 

DWI NUR AZIZAH

Pilihan Editor: Malaysia Daftarkan Menu Sarapan dan Teh Tarik sebagai Warisan Budaya UNESCO



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *