5 Fakta Penyebab Gunung Berhenti Bertambah Tinggi

Berita308 Dilihat

Kamis, 3 Agustus 2023 – 16:33 WIB

VIVA Tekno – Gunung terbentuk karena dua lempeng saling bertabrakan. Karena kedua lempeng memiliki ketebalan dan berat yang sama, kedua lempeng sama-sama dipaksa naik membentuk barisan pegunungan.

Baca Juga :

Payung Ini Bisa Bantu Pemerintah Mengurangi Pemanasan Global

Lempeng yang terus bertabrakan ini membuat gunung bertambah tinggi dari waktu ke waktu. Namun, pada tahap tertentu, gunung berhenti tumbuh dan mencapai ketinggian maksimalnya.

Baca Juga :

Mengerikan, Pesepakbola Kosta Rika Tewas Dimakan Buaya

Ilustrasi gunung dibuat tunduk oleh Nabi Daud.

Ilustrasi gunung dibuat tunduk oleh Nabi Daud.

Pernahkah kamu berpikir, mengapa gunung tidak terus bertambah tinggi hingga menembus atmosfer bagian atas. Saat ini, gunung tertinggi di Bumi adalah Gunung Everest, yang tingginya mencapai 8.840 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga :

Jadwal Penampakan Bulan Purnama di Indonesia

Gunung ini masih terus bertambah tinggi setiap tahunnya, tetapi pada suatu titik, Gunung Everest juga akan berhenti tumbuh. Jadi, apa yang menghentikan pertumbuhan gunung di Bumi? Kali ini kita akan membahas alasan kenapa gunung berhenti bertambah tinggi?

Halaman Selanjutnya

Faktor pertama yang membatasi pertumbuhan gunung adalah gravitasi. Dijelaskan laman Live Science, banyak gunung terbentuk karena pergerakan lapisan permukaan bumi yang dikenal sebagai lempeng tektonik.

img_title



Quoted From Many Source

Baca Juga  Inter Milan Pilih Emil Audero Mulyadi Jadi Pengganti Andre Onana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *