4 Tips Merawat Sepatbor Motor agar Tetap Bersih dan Kuat

Berita263 Dilihat

GOOTO.COM, Jakarta – Salah satu komponen pelindung yang berada di motor yakni sepatbor. Komponen yang satu ini terletak di atas roda motor, yang berarti ada di bagian depan dan belakang motor.

Iklan

Fungsinya yang penting ini lah membuat sepatbor perlu menjadi perhatian. Dikutip dari Suzuki, berikut tips merawat spatbor motor bermaterial besi.

1. Membilas secara Rutin untuk Mengurangi Risiko Korosi

Tips pertama yang sebaiknya dilakukan yaitu membilas komponen sepatbor secara rutin. Hal ini menjadi semakin penting jika Anda sering melakukan perjalanan ketika musim penghujan.

Jika mobilitas menggunakan motor terbilang tinggi pada musim penghujan, maka kebersihan motor perlu selalu diperhatikan. Lakukan pembersihan motor secara rutin, terlebih jika sudah dirasa kotor setelah melakukan perjalanan.

Salah satu komponen yang penting untuk diperhatikan yaitu bagian sepatbor. Bilaslah dengan air bersih secara rutin, supaya bisa mengurangi berbagai risiko korosi atau berkarat.

2. Saat Mencuci Motor, Bersihkan Pula Bagian Cakram Rem

Saat mencuci atau membilas motor, jangan lupa untuk membersihkan juga cakram rem dan bagian kalipernya. Pembersihan kedua komponen ini menjadi penting, sebab kinerjanya bisa berpengaruh terhadap kinerja spatbor motor.

Jika kedua komponen tersebut kotor, maka bisa mengganggu kinerja dari sepatbor. Jadi, jangan lupa untuk memerhatikan kebersihan dari kedua komponen ini.

3. Mengolesi Komponen Sepatbor dengan Minyak Goreng

Cara ini terbilang cukup mudah, hanya perlu menyiapkan chamois, lap bersih, serta tentunya minyak goreng. Siapkan minyak goreng secukupnya saja, jangan terlalu banyak.

Oleskan minyak goreng secara perlahan dengan memakai tangan. Pastikan telah mengoleskannya dengan rata, lalu tunggu selama kurang lebih 30 detik.

Selanjutnya, lap dengan memakai chamois atau lap bersih. Jika sudah dilap, silakan lihat hasilnya. Spatbor motor Anda akan menjadi lebih kinclong dan semakin terlihat keren.

Baca Juga  Lisa BLACKPINK Terpilih Jadi Ikon Budaya dalam Asian Hall Of Fame 2023

4. Rawat Sepatbor dengan dengan Mewarnai jika Sudah Kusam

Tips selanjutnya yaitu dengan mewarnai sepatbor jika warnanya sudah mulai terlihat kusam. Untuk melakukan pewarnaan ini, sebaiknya memakai bahan alami supaya tidak berbahaya untuk motor.

Bahan alami yang bisa pakai yaitu bahan polish. Bahan ini terbilang cukup baik untuk melindungi bagian wax sepatbor supaya tidak mudah mengalami pengikisan.

Pilihan Editor: Suzuki Hayabusa Edisi 25th Anniversary Dirilis, Simak Penampakannya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *